Roh Kudus Memimpin kepada Kebenaran

Posted: Juni 8, 2011 in Renungan

Roh Kudus Memimpin kepada Kebenaran
– Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus Jemaat Green Ville –
Menjelang Pentakosta
Bacaan Alkitab hari ini: Yohanes 16:13

Ketika kita percaya kepada Tuhan Yesus, kita dinyatakan sebagai “benar” oleh Allah. Sejak saat itu, Roh Kudus terus menuntun kita dalam suatu proses pengudusan sehingga kita bisa semakin mengenal Allah dan menikmati firman-Nya.

Kemarin kita telah merenungkan peran Roh Kudus yang menginsafkan dunia akan dosa. Dalam bacaan hari ini, Roh Kudus disebut juga Roh Kebenaran yang menuntun ke dalam seluruh kebenaran. Apakah kebenaran itu? Menurut pemahaman umum, seseorang disebut “benar” bila kelakuannya tidak bercela secara hukum atau moral. Akan tetapi, hukum dan standar Allah berbeda. Alkitab menyatakan bahwa semua manusia berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah dan tidak seorang pun yang dibenarkan Allah karena melakukan hukum Taurat. Sesuatu yang tragis dan memilukan! Manusia (ciptaan Allah) berpisah dengan Allah (Sang Pencipta) merupakan tragedi terbesar yang tiada taranya sepanjang zaman. Namun, kita bersyukur bahwa Roh Kudus akan menuntun kita kepada Allah dan seluruh kebenaran-Nya. Roh Kudus berkarya sesuai dengan kebenaran firman Allah.  Tidak pernah dan tidak akan pernah ada suatu tindakan atau tuntunan Roh Kudus yang bertentangan dengan firman Allah. Allah Tritunggal berkarya dalam suatu kesatuan untuk kebaikan dan keselamatan manusia.

Saat kita dipimpin Roh Kudus, firman Allah akan semakin berarti. Hidup kita diterangi dan kita lebih mengerti firman Allah dan menaati kehendak Allah. Kita dibebaskan dari ikatan kuasa dosa dan ketidakmengertian. Kebenaran ini tersedia dan terbuka bagi siapa pun yang mau menerima anugerah penebusan di dalam Kristus. Hidupnya akan dituntun ke dalam seluruh kebenaran. [LM]

Roma 3:23-24
“Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh karena kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s